Manfaat Serat

5/18/2009 06:03:00 PM Posted In Edit This Comments

Serat adalah suatu komponen dalam makanan yang keberadaannya tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan manusia. Serat berguna bagi tubuh untuk mencegah penyakit jantung koroner karena...Serat adalah suatu komponen dalam makanan yang keberadaannya tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan manusia. Serat berguna bagi tubuh untuk mencegah penyakit jantung koroner karena serat dalam tubuh mampu mengikat kolesterol dan dikeluarkannya bersama kotoran (pups) sehingga kadar kolesterol menurun. Serat juga bermanfaat untuk mencegah kanker usus, susah BAB, sembelit dan kegemukan dimana serat tersebut mampu menyerap kalori dalam tubuh dan memperlambat penghancuran makanan dalam lambung sehingga orang tidak mudah lapar dan mengkonsumsi banyak makanan.

Bakteri dalam usus besar akan mengikat asam empedu dan dikeluarkan bersama kotoran. Jika jumlah asam empedu kecil maka jumlah asam deoksikolat dan asam litokolat juga kecil. Kedua zat itu bersifat ko-karsinogen yang dapat memicu timbulnya kanker.

Beberapa sayuran dan buah yang mengandung serat antara laian: Jeruk, apel, pear, alpokat, pisang, pepaya, semangka, mangga, nanas, tomat, brokoli, buncis, wortel (mentah/rebus), kol, jagung, kentang rebus, nasi rebus, nasi merah rebus, roti gandum, roti tawar putih.